"KPU: Pemenang Pilpres 2024 Diumumkan Usai Buka Puasa"


 "KPU: Pemenang Pilpres 2024 Diumumkan Usai Buka Puasa"

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan pemenang Pilpres 2024 akan diumumkan usai buka puasa hari ini, Rabu (20/3).

Mungkin kalau waktu pastinya mungkin pasca, kita istirahat sampai kita melaksanakan ibadah ini, puasa ya, waktunya berbuka, kata Komisioner KPU August Mellaz di Kantor KPU, Jakarta.


Mellaz mengatakan, KPU akan menggelar rapat paripurna untuk merekapitulasi penghitungan suara pemilu 2024 di provinsi Papua dan Pegunungan Papua terlebih dahulu sebelum mengumumkan pemenang pemilu presiden 2024.


Rapat pleno terbuka akan dilakukan untuk merekapitulasi hasil pemilu tingkat nasional untuk dua provinsi yang tersisa. Kini posisi Provinsi Papua dan Papua Pegunungan ada di kantor KPU, ujarnya.


Mellaz mengatakan, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi suara tingkat nasional di 36 dari total 38 provinsi. Rapat pleno rekapitulasi suara di Papua Pegunungan dan Papua akan dilaksanakan dalam satu panel rapat pleno.


“Setelah itu kita lihat pasca paripurna sudah selesai, pembacaan hasil pilkada provinsi sudah selesai, baru kita tentukan. Selanjutnya tentunya kita akan melalui proses atau tahapan selanjutnya terkait dalam penentuannya,” ujarnya.


Sebelumnya, KPU menegaskan, acuan untuk mengetahui hasil pemilu 2024 adalah rekapitulasi yang dilakukan secara manual dan bertahap. Rekapitulasi dilakukan mulai dari tingkat TPS, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Related Posts

Posting Komentar